Powered By Blogger

Jumat, 28 Oktober 2011

Cara Membuat Blog Sederhana


1.      Nyalakan komputer anda sesuai prosedur dengan benar.
2.      Setelah komputer menyala pastikan komputer telah terhubung dengan internet. Apabila komputer anda menggunakan jaringan LAN untuk koneksi ke internet namun masih belum terkoneksi, lakukan langkah-langkah berikut:
a.      Klik start, pilih control panel
b.     Double klik pada network connection
c.      Klik kanan pada Local Area Connection dan pilih properties
d.     Klik TCP/IP lalu pilih properties. Disini anda harus mengisi nomor IP anda. Klik close.
e.      Beri tanda pada show icon, lalu tekan OK.
f.       Klik kanan lagi pada local area connection dan ubah disable menjadi enable.
g.     Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah komputer anda sudah terkoneksi dengan internet atau belum. Caranya klik start lalu pilih run. Ketik ‘Ping’ diikuti dengan alamat URL. Apabila anda menerima kotak dialog yang menunjukkan alamat URL yang anda tulis diikuti ‘reply from’ berarti anda sudah terhubung dengan internet.
Apabila komputer anda menggunakan wireless, maka pastikan juga anda telah terkoneksi dan mendapat sinyal yang cukup agar bisa menjalankan internet.
3.      Setelah komputer anda sudah mendapat koneksi dengan internet maka anda harus menggunakan browser untuk menjalankan internet  (Browser bisa berupa apa saja, misalnya: Mozila firefox, Windows Internet Explorer, Opera, dll).
Klik Start, pilih program.
4.      Klik browser yang anda pilih. Atau klik dua kali pada shortcut web browser yang ada di desktop anda.
5.      Syarat utama anda membuat blog adalah anda harus memiliki Email. Anda bisa membuatnya diberbagai alamat, misalnya: yahoo.com atau gmail.com. Apabila anda sudah memiliki alamat email anda bisa langsung mengunjungi penyedia blog atau web, seperti: www.wordpress.com, www.blogsome.com, www.multiply.com, www.squidoo.com, atau www.blogger.com.
Disini saya akan menjelaskan cara membuat blog sederhana melalui www.blogger.com. Jadi masukkan alamat www.blogger.com di kotak address bar  lalu tekan enter.




Setelah proses selesai akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

     



6. Klik Memulai. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Tampilan ini adalah bagian pertama dari langkah-langkah anda dalam membuat blog, yaitu anda diminta untuk membuat sebuah akun Google (karena Blogger adalah produk dari perusahaan yang sama –google.corp-). Berikut adalah langkah-langkah pengisian:
a.      Pada kotak Alamat Email anda diminta menulis alamat email anda. Alamat email itu nanti akan digunakan untuk log in (membuka) blog anda apabila sudah jadi. Lakukan hal yang sama pada kotak Ketik Ulang Alamat Email.
b.     Pada kotak Masukkan Sebuah Password anda diminta untuk memasukkan kata sandi untuk blog anda. Ketik lagi kata sandi tersebut di kotak Ketik Ulang Sandi.
c.      Pada kotak Nama Tampilan anda diminta untuk memberi nama yang akan digunakan untuk menandai posting di blog anda.
d.     Kemudian isi kotak Jenis Kelamin dengan menekan tanda panah kebawah, dan Tanggal Lahir dengan format HH/BB/TTTT, sesuai dengan identitas anda.
e.      Selanjutnya pada kotak Verifikasi Kata anda diminta untuk memasukkan kata yang anda lihat dibawahnya dengan benar.
f.       Kemudian beri tanda pada kotak Penerimaan dan persyaratan yang menandakan bahwa anda menerima persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan oleh penyedia layanan tersebut. Lalu tekan LANJUTKAN.





Kemudian akan ada tampilan seperti ini.

 
Ini adalah bagian kedua dari langkah-langkah membuat blog, yaitu Namai Blog. Disini anda diminta untuk memberi judul blog yang akan anda buat. Juga alamat (URL) blog anda yang akan digunakan orang lain ketika ingin mengakses blog anda. Tulis judul di kotak Judul Blog dan alamat di kotak Alamat Blog (URL). Lalu klik LANJUTKAN.




Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
 
Ini adalah bagian ketiga dari langkah-langkah membuat blog. Disini anda diminta untuk memilih template (tampilan dan format) blog anda. Template bisa anda ubah dan anda beri pengaturan sesuai dengan keinginan anda. Klik model yang anda inginkan lalu tekan LANJUTKAN.




Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Menandakan bahwa blog anda sudah jadi.
 
Anda bisa meng-klik link ‘mengubahsuaikan tampilan blog anda’ untuk memberi pengaturan tampilan blog anda. Mulai dari template (format), background, Adjust widths (ukuran lebar) dan layout. Atau anda bisa klik MULAI BLOGGING untuk mulai mengoperasikan blog anda dengan template yang sudah anda pilih sebelumnya (langkah no.8). Disitu anda bisa mulai mengepos tulisan anda, memberi pengaturan dengan memberikan elemen-elemen pada tampilan blog anda, dll.

Apabila anda ingin membuka blog anda, lakukan seperti langkah awal, ketik www.blogger.com pada addres bar. Setelah muncul tampilan seperti dibawah ini anda tinggal memasukkan alamat email yang anda pada bagian Log In (Masuk) dan kata sandi anda di kotak Password. Lalu klik Masuk.

4 komentar:

  1. delaa kamu dapet award dari aku loh. check blog ku ya
    http://vikaetiana.blogspot.com/2012/10/award-pertama.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin orang mikir ajah :/
      tapi asiiik :D makasi enyo :*

      Hapus
  2. hmm..salam kenal...mampir ke blogku ea..follow sukses, followback ea Non...thank's qiu..salam persahabatan dari aku.

    BalasHapus